Vaksinasi Tanpa Rasa Sakit Inovasi Dunia Kesehatan

Vaksinasi bakal nggak sakit lagi. Percaya ? Kalau dulu waktu kita kecil pemberian vaksin selalu menggunakan jarum suntik atau perangkat sejenis yang tajam. Sakitnya sebenarnya nggak seberapa, tapi melihat jarum suntik adalah momok bagi sebagian orang. Melihat dan membayangkan jarum suntik yang panjang menembus kulit kita itu nggak tahu kenapa rata-rata orang dewasa juga takut. Mungkin ada saatnya menghadapi ketakutan jarum suntik dengan rutin mendonor darah. Bermanfaat bagi orang lain dan juga mengusir rasa takut dengan jarum selamanya.

Kasia Sawicka Penemu Vaksinasi Tanpa Jarum

Vaksinasi Tanpa Jarum
Vaksinasi Tanpa Jarum

Tahun lalu majalah Popular Science memberikan penghargaan kepada Kasia Sawicka, seorang ilmuwan biomedikal atas produk temuannya, ImmunoMatrix. Produk ini merupakan terobosan baru dalam dunia kesehatan karena Sawicka tidak lagi menggunakan jarum suntik yang sudah begitu lama menjadi media untuk memasukkan sesuatu ke dalam tubuh kita. Sepertinya dengan jarum suntik obat bisa membypass kulit pelindung tubuh kita dan langsung ke tujuannya sehingga cepat diserap oleh tubuh.

ImmunoMatrix yang berbentuk seperti berbagai produk plester berobat, merupakan solusi vaksinasi baru tanpa penusukan kulit luar  (stratum corneum) sehingga tidak menimbulkan rasa sakit.

ImmunoMatrix Adopsi Hukum 500 Dalton

Tahukah Anda bahwa kulit kita mewakili 16% dari berat tubuh kita. Kulit adalah bagian tubuh yang berfungsi seperti jaket buat kita, melindungi kita dari dingin dan juga panas. Kulit ternyata cukup rumit dan terdiri dari setidaknya 3 lapisan utama  yakni :  epidermis, dermis dan lapisan lemak (Subcutaneous fat). Bagian paling luar lapisan epidermis adalah Stratum Corneum.

Semua memiliki fungsi masing-masing. Kita tidak akan membahas mengenai hal ini secara panjang lebar. Yang menarik perhatian dari penemuan ini adalah bagaimana Sawicka menggunakan hokum 500  Dalton untuk memasukkan vaksin ke dalam tubuh tanpa suntikan.

Kulit ternyata dapat ditembus asal molekul yang menempel cukup kecil untuk kemudian diserap masuk ke dalam tubuh. Berdasarkan penelitian berat molekul ini tidak boleh melebihi dari 500 Dalton agar bisa turun ke lapisan kulit dibawahnya.

Kelebihan lain produk ImmunoMatrix, tidak diperlukan lagi media pendingin untuk menjaga vaksin tidak rusak. ImmunoMatrix mampu menjaga kondisi vaksin tetap dapat digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

 

sumber : Popular Science

Summary
Vaksinasi Tanpa Rasa Sakit Inovasi Dunia Kesehatan
Article Name
Vaksinasi Tanpa Rasa Sakit Inovasi Dunia Kesehatan
Description
Vaksinasi meskipun prosesnya hanya sebentar kadangkala menjadi momok bagi sebagian orang. Kini vaksin tidak perlu lagi melalui suntikan.
Author
Publisher Name
dunia sains
Publisher Logo

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *