Siapa Penemu Teknologi Pengalengan ?

Siapa Penemu Teknologi Pengalengan ?

Pada tahun 1795, Napoleon Bonaparte menawarkan hadiah bagi siapapun yang dapat mengembangkan metode pengawetan makanan yang aman dan terpercaya. Ini diperlukan karena dengan mobilitas tentaranya dari satu tempat ke tempat lain, teknologi pengawetan makanan sangat dibutuhkan. Tidak semua tempat memiliki sumber makanan yang memadahi.

Nicholas Appert
Nicolas Appert

Ternyata Nicolas Appert, seorang pembuat anggur berkebangsaan Perancislah yang menemukan bahwa apabila makanan yang sudah dimasak dan ditutup dalam botol kaca dengan lapisan lilin panas, makanan jadi awet. Appert akhirnya mendapatkan hadiah dari Napoleon.

 

Pada tahun 1806, cara Appert berhasil digunakan oleh angkatan laut Perancis dengan varian makanan yang lebih banyak termasuk daging, sayur, buah-buahan, dan bahkan susu. Mulai tahun 1814 seterusnya makanan disimpan dalam bentuk kaleng dikirimkan ke berbagai daerah jangkauan pemerintahan Inggris.

Teknologi Pengalengan
Teknologi Pengalengan

Penemuan yang awalnya dimulai dari dunia militer ini sekarang bermanfaat bagi semua orang di seluruh dunia. Pengalengan makanan menjadi salah satu cara praktis dan menjadi komoditas bisnis yang besar di seluruh dunia.

 

 

sumber : Military Inventions

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *