Placebo Effect Fenomena Dunia Pengobatan

Apa itu Placebo Effect ?

placebo / obecalp
placebo / obecalp

Kalau Anda memiliki saudara yang berprofesi sebagai dokter, khususnya dokter yang ditugasi di daerah-daerah. Coba tanyakan apakah ada cerita-cerita lucu selama aktivitasnya disana. Pasti ada cerita bagaimana pasien yang nggak mau beranjak dari puskesmas atau ruang dokter sekalipun kalau tidak mendapatkan suntikan atau diberikan resep obat, meskipun secara medis sang dokter tidak melihat adanya gejala penyakit tertentu. Kasus yang sama juga terjadi pada anak-anak, yang percaya dengan minum obat, semua penyakitnya bisa sembuh. Padahal tentunya tidak ada obat yang bisa mengobati semua penyakit bukan ?

Reaksi yang berlebihan terhadap obat atau suntikan tidak hanya terjadi di masyarakat kita, di manapun juga terjadi. Untuk memuaskan pasiennya, maka sang dokter harus memberikan sesuatu “obat” yang sebenarnya tidak memiliki fungsi pengobatan tertentu dan hanya diberikan lebih untuk kepuasan psikis si pasien. Dan kenyataannya si pasien merasa lebih baik setelah mengkonsumsi obat tersebut.

Dalam ilmu kedokteran dikenal kata “Placebo”, obat yang diberikan kepada pasien tapi tidak memberikan efek pengobatan yang sebenarnya pada penyakit yang diderita oleh pasien. Placebo dapat berupa sugar pill (pil berisi gula dextrose) atau saline injection (suntikan air steril).  Dextrose adalah kandungan gula yang secara alami dihasilkan tubuh, bukan gula yang umum kita kenal.

Jangan berpikir bahwa ini adalah akal-akalan dunia kedokteran. Placebo umumnya digunakan dalam pengujian obat baru dimana sekelompok orang diberikan obat yang benar dan kelompok lainnya diberikan Placebo. Karena Placebo tidak memberikan efek apapun, maka mudah untuk meneliti reaksi pada kelompok  yang diberikan obat yang sebenarnya.

Kemudian hasil dari pemberian Placebo dikenal sebagai Placebo Effect. Berdasarkan American Heritage Medical Dictionary istilah Placeboo Effect tertulis sebagai :

The beneficial effect in a patient following a particular treatment that arises from the patient’s expectations concerning the treatment rather than from the treatment itself.

(efek manfaat pada pasien setelah pengobatan tertentu yang terjadi akibat ekspektasi pasien mengenai pengobatan tertentu bukan dari pengobatan itu sendiri)

Beredar Luasnya Obecalp

obecalp
obecalp

Praktek menggunakan Placebo berdasarkan sejarah ditemukan sejak abad ke 18 dan dalam perkembangannya pada tahun 1998 seorang dokter Australia mengenalkan kata “Obecalp” (kebalikan kata Placebo) pada obat Placebo yang kemudian beredar luas. Obat ini juga hadir dengan berbagai warna dan rasa seperti rasa strawberry untuk anak-anak.

Jangan heran sampai dengan awal abad ke 20, banyak rumah sakit memberikan obat ini. Lebih bersifat untuk memberikan kelegaan pada pasien-pasien tertentu yang mengeluh sakit ini itu yang secara medis tidak ditemukan adanya penyakit yang dideritanya.

Penggunaan obat Placebo / Obecalp saat ini sudah dilarang digunakan di berbagai negara. Pemberian obat ini dianggap melanggar etika pengobatan karena pasien sepertinya “dibohongi” dan apabila diberikan maka dokter harus menginformasikan manfaat dari obat ini.

Placebo Effect Bukti Kita Dapat Menyembuhkan Diri Kita Sendiri

Hippocrates sangat percaya ada hubungan antara pikiran dengan tubuh manusia. Placebo Effect mungkin salah satu buktinya bahwa selama pikiran si pasien meyakini bahwa obat yang diberikan akan menyembuhkannya, maka tubuhnyapun ikut bereaksi positif.

Ini adalah salah satu video yang menarik mengenai Placebo Effect dalam arti luas.

 

Sumber : Wikipedia

Summary
Placebo Effect Fenomena Dunia Pengobatan
Article Name
Placebo Effect Fenomena Dunia Pengobatan
Description
Placebo Effect fenomena dunia pengobatan. Cerita mengenai bagaimana sejarah munculnya obat placebo yakni jenis obat yang diberikan ..
Author
Publisher Name
dunia sains
Publisher Logo

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *