Petir : Antara Mitos dan Sains (2)

Petir : Antara Mitos dan Sains

Indonesia mengenai berbagai istilah sehubungan dengan petir yakni kilat, guntur, guruh, dan halilintar.  Petir dan Halilintar memiliki arti yang sama, kilat adalah cahaya yang ditimbulkan, dan guruh atau guntur adalah suara yang kemudian terdengar oleh kita.

Banyak sekali mitos seputar petir, dan kembali kita dengar begitu ada kejadian-kejadian dimana ada manusia atau benda terkena petir. Ada banyak sumber yang menjelaskan mitos yang terjadi di sekitar kita sehubungan dengan petir di antaranya :

Mitos Petir 1 : Benda logam kecil akan menjadi sambaran petir karena petir tertarik akan benda logam.

Kenyataannya, tidak ada sebenarnya yang menarik atau memicu jadi sasaran petir. Lokasi petirlah yang menentukan dimana petir akan menyambar. Semakin dekat kamu dengan lokasi petir maka ada kemungkinan kamu akan jadi sasaran. “Akar” petir ada beribu-ribu mil jauhnya dari bumi, dan bukan seperti mata elang yang mencari sasaran dan benda yang kamu bawa jelas tidak terlihat dari atas sana. Jadi jangan berpikiran bahwa karena kamu misalnya membawa handphone, menggunakan anting-anting dari logam maka petir akan menyambar kamu, kecuali ya kamu mendekati lokasi petirnya. Metal akan jadi daya tarik bagi petir apabila petir menyambar dekat sekali dengan lokasi kamu.

Mitos Petir
Mitos Petir

Mitos Petir 2 : Petir selalu menyambar benda yang tertinggi.

Kenyataannya petir dapat menyambar apa saja tergantung keberadaan lokasi tersebut. Dengan kata lain petir tidak memilih-milih sasarannya. Apabila ada benda yang tinggi kebetulan ada didekatnya maka ia akan menyambarnya untuk mencapai bumi. Apabila benda yang tinggi tersebut sedikit lebih jauh, petir melewatinya dan langsung menyambar bumi. Kalau kamu kebetulan berada didekatnya maka, kamu juga bisa terkena sasarannya.

Jadi, Bagaimana terhindar dari sasaran petir ?

1. Jauhi lokasi-lokasi yang sering jadi sasaran petir, apalagi kamu berada di udara terbuka.

2. Upayakan kamu bukan obyek tertinggi tapi masih ada lagi yang lebih tinggi di dekatmu.

3. Jangan berada di bawah pohon.

4. Hindari bersentuhan langsung dengan tanah atau tanpa alas.

sumber bacaan kamu :

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *