Online Marketplace Palugada

Menjamurnya Online Marketplace Palugada (Apa Lu Mau Gw Ada) di Indonesia merupakan fenomena menarik. Dari pemain lokal seperti Blibli.com, Tokopedia.com, BukaLapak.com dan lain-lain, sampai dengan pemain kelas dunia seperti Lazada.com, Rakuten.com, JD.id juga ikut meramaikan market Indonesia. Semua berlomba-lomba memperbanyak listing produk dan kategorinya.

Pertanyaanya, akankan model business Online Marketplace seperti ini akan sustainable. Terlebih kita dikejutkan dengan mundurnya Rakuten, raksasa online dari Jepang ini dari Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Online vs offline

Chart ini menunjukkan transaksi online berkontribusi paling besar di kategori komputer, elektronik dan appliance hingga 25%. Industri lain berkisar di 10% dan bahkan kurang.

Brick and Mortar vs Click and Mortar

Online tidak akan pernah bisa mereplace offline. Tidak ada satupun industri yang dulunya dibangun dengan fisik tergantikan oleh online. Bagi Anda pemilik usaha dengan bangunan fisik tidak perlu ketakutan yang berlebihan, diantisipasi dan ikut terjun ke dalamnya itu lebih baik. Supaya nanti tahu seberap besar porsi yang kamu peroleh dari online. Yang perlu ditakutkan adalah mereka yang besar di online mulai berpikir untuk masuk ke offline. Bahkan ada fenomena baru yang dinamakan On2Off Commerce, yang menggarap online users  untuk menjual barang atau jasa yang dapat dinikmati secara offline. Groupon salah satunya yang menggarap On2Off commerce ini.

Bertarung dengan Sang Gajah

Bertarung dengan gajah-gajah online marketplace sudah berat bagi pemain baru, meskipun kita lihat masih ada saja yang berani bermain di kolam yang sama. Kalau online business hanya one click away, kenapa mereka mau berpaling ke web kamu. Apalagi seller di dalamnya masih yang itu itu saja. Loe lagi loe lagi. Gak percaya cek aja. Kalau sudah begini yang menang adalah yang berkanting tebal promosi dengan memberikan diskon di setiap kesempatan. Berani lawan pemain besar seperti ini ?

Bagi pemain-pemain online baru, mulaikah melirik ke pasar specialty. Fokus. Kalau mereka extensive sifatnya, kamu terjun intensive. Seperti halnya specialty store di offline, kamu pasti menang dalam hal kelengkapan item di market khusus ini. Kamu bisa survive juga. Sudah banyak pemain online yang bermain di market ini, seperti Zalora di fashion, sukucadangmotor.com di suku cadang khusus sepeda motor dan banyak yang lainnya.

Masih terbuka lebar kok bagi kamu untuk masuk ke market specialty ini. Tetap semangat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *