Mengapa Anak-Anak Giginya Cepat Berlubang ?

Mengapa Anak-Anak Giginya Cepat Berlubang ?

Banyak anak-anak baik balita maupun yang duduk di bangku sekolah ditemukan memiliki gigi berlubang, ada yang bahkan banyak. Mengapa begitu mudah gigi anak-anak berlubang ?

Gigi berlubang adalah akibat adanya bakteri yang memproses karbohidrat menjadi asam dan asam ini menempel pada gigi yang lama kelamaan membentuk plak. Plak ini kemudian merusak lapisan gigi (enamel) sehingga membuat gigi lama kelamaan goyah dan membusuk.  Jadi tidak hanya gula, karena kandungan karbohidrat ada di berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi.  Sebut saja yang rutin kita makan seperti nasi, roti, kentang, buah-buahan dan sayuran ada kandungan karbohidratnya. Apalagi kalau kamu mengkonsumsi makanan atau minuman yang berasam tinggi, akan mempercepat lagi proses penumpukan plak di gigi. Jadi jangan heran seperti penduduk kota Palembang yang terbiasa makan pempek dengan saus asam (cuko) sebagai penyedap, menyebabkan tingkat kerusakan gigi penduduk di kota ini cukup tinggi. Tidak percaya ? Coba tanyakan kepada mereka yang asal Palembang. Tentunya dengan semakin berkembangnya  kesadaran akan pengaruh saus asam pada gigi, sekarang mungkin sudah banyak yang mungkin lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi saus ini.

Pertanyaannya dimanakah bakteri berada ? Bakteri berada pada di sekitar mulut dan paling banyak ada di plak gigi. Jadi pada prinsipnya kalau kamu lagi makan dan minum, maka bakteri ini juga ikut makan juga. Beberapa sumber menganjurkan kamu jangan berlama-lama makan dan sehabis makan cepat guyur dengan air putih dan lebih bagus lagi terus bersikat gigi. Dengan demikian tidak ada sisa makanan yang melekat pada sela-sela gigi yang menjadi santapan bagi bakteri tersebut. Intinya adalah kontak gigi dengan makanan dan minuman berkarbohidrat diupayakan

Lalu kenapa pada anak-anak giginya cepat berlubang ?

kids with candy
kids with candy

Tidak heran karena gigi anak-anak selalu kontak dengan susu, permen, dan makanan dalam waktu yang lebih lama daripada remaja maupun dewasa. Kebiasaan ngedot sambil tidur, mengulum permen, membiarkan makanan di mulut berlama-lama tatkala disuap juga menjadi penyebab bakteri berpesta pora. Sikat gigi juga biasanya juga tidak rutin dilakukan anak-anak kalau tidak diawasi.

sumber dari berbagai artikel di internet.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *