Kecurigaan Permen Meleleh Awal Terciptanya Microwave

Terciptanya Microwave

kecurigaan permen meleleh awal terciptanya microwave

Percy Spencer memiliki kehidupan yang tidak mudah. Ayahnya meninggal sewaktu Ia berumur 18 bulan. Tak lama setelah itu Ibunya menitipkan Spencer ke paman dan bibinya. Waktu Spencer berumur 7 tahun, pamannya meninggal, pendidikan dasar akhirnya tidak diselesaikannya karena umur 12 Ia sudah bekerja di pabrik kumparan sampai berumur 16 tahun.

Suatu hari Ia mendengar pabrik kertas mengalami masalah kelistrikan yang menggugah keingintahuannya. Berkat kegigihannya belajar mengenai kelistrikan, Spencer diterima sebagai salah satu teknisi yang bertugas memasang listrik di pabrik itu, meskipun ia tidak memiliki pendidikan di kelistrikan. Berjalannya waktu Spencer tertarik pada dunia komunikasi tanpa kabel.

Ketika Spencer berusia 18 tahun, Ia mendaftar ke angkatan laut US dan menjadi ahli dalam teknologi radio. Dalam masa itu Spencer belajar trigonometri, kalkulus, kimia, metalurgi dan lain-lain secara autodidak.

Pada tahun 1939 Spencer menjadi salah satu ahli perancangan radar semasa bekerja di Raytheon. Bahkan Perusahaan kemudian memenangkan kontrak pemerintah untuk mengembangkan peralatan radar perang gara-gara reputasi Spencer. Produk yang dihasilkan memiliki kontribusi besar selama Perang Dunia II.

Pada saat bekerja di Raytheonlah, Spencer mencoba menyelidiki sesuatu yang aneh terjadi pada permen-permen yang ada di kantongnya. Pada saat Spencer membangun magnetron untuk rangkaian radar, Ia berdiri di depan radar yang aktif dan saat itulah semua permen di kantonya meleleh. Kemudian Ia bersama dengan teman-temannya mencoba memposisikan magnetron sedemikian rupa sehingga panah mengarah pada jenis makanan lain seperti biji jagung, telur dan lain-lain. Hasilnya juga mengejutkan, ternyata magnetron apabila diarahkan dengan benar dan dengan pengaturan frekuensi tertentu dapat menghasilkan panas yang cukup untuk memasak berbagai makanan. Inilah cikal bakal terciptanya microwave.

Bagaimana Cara Berkerja Microwave

diagram microwave
diagram microwave

Pada prinsipnya apa yang dilakukan microwave tidak berbeda dengan apa yang matahari pada muka kita yang terkena panasnya matahari, yakni dengan radiasi.

Magnetron, sebagai generator gelombang mikro menerima energi dari listrik dan kemudian memancarkan gelombang micro ke seluruh bagian container (oven cavity) dimana makanan berada. Dinding kontainer yang berbahan logam kemudian memantulkan gelombang ini sehingga makanan menerima panas secara terus menerus. Kurang lebih secara sederhana begitu.

Siapa sangka dari kecurigaan permen meleleh, akhirnya ditemukan teknologi yang mendasari terciptanya microwave yang digunakan oleh seluruh penduduk dunia saat ini.

sumber : diambil dari berbagai artikel di internet.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *