Fakta Mengejutkan Mengenai Nyamuk

Fakta Mengejutkan Mengenai Nyamuk

Nyamuk adalah salah satu serangga yang lebih banyak membawa kerugian daripada kebaikan. Inilah fakta mengejutkan mengenai nyamuk. Akhir-akhir ini muncul virus baru, virus Zika yang dibawa oleh nyamuk ke tubuh kita dan sangat berbahaya bagi ibu-ibu yang dalam keadaan hamil. Virus ini bisa merusak jaringan otak pada bayi yang masih dalam kandungan.

Tapi kali ini Dunia Sains tidak membahas mengenai virus Zika tetapi pengetahuan mengenai nyamuk yang mungkin belum kita ketahui.

Ada berapa banyak sebenarnya jenis nyamuk di  dunia ?

Ahli serangga memperkirakan lebih dari 2.500 varietas nyamuk di dunia. Kebanyakan diantaranya  aktif menjelang senja dan di pagi hari, tapi ada juga yang aktif di siang hari.

1.Nyamuk Menghisap bukan Menggigit

Kita sering menggunakan istilah digigit nyamuk, tapi sebenarnya nyamuk tidak menggigit. Proboscis, “jarum” yang ada di moncong nyamuk, adalah alat sedot makanan bagi nyamuk. Proboscis berasal dari kata Proboskis yang artinya belalai gajah. Pada nyamuk betina proboscisnya terdiri dari dua “tabung” yang lentur. Yang satu berfungsi menghisap darah dan satunya lagi menyuntikkan cairan yang menjaga agar darah terus mengalir lancar. Nah virus dan organisme lain dapat ikut masuk menyebarkan penyakit pada tubuh kita.

2.Hisapan Nyamuk Mematikan

Sudah jutaan manusia meninggal karena terjangkit penyakit yang dibawa oleh nyamuk. Di Afrika, jutaan manusia meninggal karena malaria. Tidak hanya malaria, ada demam berdarah, yellow fever, dan virus west nile. Kini Zika mulai muncul ke permukaan.

Kabar baiknya peneliti dari European Molecular Biology Laboratory sedang meneliti jenis nyamuk Anopheles gambie, yang diidentifikasi pembawa penyakit malaria. Mereka menemukan bahwa nyamuk ini memproduksi 4 jenis protein. Dua diantaranya untuk membunuh virus malaria dan duanya lagi melindungi nyamuk tersebut dari malaria. Para peneliti ini menemukan bahwa protein ini secara genetis bisa dirubah hingga virus malaria yang menetap pada nyamuk ini bisa otomatis mati sebelum menulari mahluk lain termasuk manusia.

3.Berdasarkan Temuan Fossil

Jutaan tahun lalu nyamuk 3 kali lebih besar dari nyamuk saat ini, tapi proboscisnya 3 kali lebih kecil. Setelah sumber makanan mengalami perubahan, ratio antara proboscis dengan tubuh berevolusi untuk menghisap makanan lebih cepat.

4.Nyamuk Terus Berevolusi

Pada tahun 1988, para peneliti menemukan species nyamuk baru di London Underground, tempat dimana lalu lintas semua kereta cepat di London. Nyamuk ini muncul akibat galian ini 100 tahun yang lalu. Dari subway yang satu ke subway yang lainnya ditemukan species yang berbeda pula. Bawah tanah menjadi tempat yang nyaman bagi nyamuk bebas dari kematian akibat peralihan musim.

5.Mereka Berkembang Begitu Cepat

Nyamuk betina rata rata mengeluarkan sebanyak 100 sampai 300 telur sekali periode. Telur ini cepat sekali menetas dan diperlukan hanya 3 sampai 10 hari di musim panas Dari telur menjadi nyamuk dewasa. Satu hal pasti yang dibutuhkan nyamuk adalah air yang tenang atau permukaan yang basah.

Kehidupan nyamuk mulai ketika nyamuk betina bertelur di permukaan basah atau air yang tenang. Telur menetas menjadi larva yang dengan cepat membesar menjadi jentik. Jentik kemudian menjadi kepompong dan dari kepompong jadilah nyamuk. Satu siklus ini bisa terjadi hanya dalam 3 hari.

6.Project Mosquito Net

Begitu berbahanya virus malaria dan lain-lain yang dibawa nyamuk ke tubuh kita, sehingga memunculkan  project Mosquito Net di seluruh penjuru dunia khususnya Africa. Project ini memiliki misi membagikan kelambu sehingga manusia terhindar dari nyamuk di saat istirahat. Banyak bermunculan juga project project serupa.

7.Mosquito Capital of the World

Kalau kepengen melihat patung nyamuk raksasa datanglah ke Komarno, Manitoba. Sangking terkenalnya patung ini Komarno dijuluki the mosquito capital of Canada.

Mosquito statue

Di lain tempat di kota Clute, Texas juga tak kalah dengan patung nyamuknya dan bahkan ada perhelatan khusus mengenai nyamuk, The Great Texas Mosquito Festival yang diadakan setiap bulan Juli.

8.Cara Memikat Nyamuk Betina

Ketika nyamuk mendengar dengungan nyamuk dari lawan jenisnya, segera ia menyamakan nada dengungan untuk memikat lawan jenisnya. Bagi nyamuk jantan hanya dibutuhkan satu dua detik saja untuk menyamakan nada dengungan. Bagi nyamuk betina dibutuhkan waktu yang lebih lama.

Tidak berbeda dengan memikat cewek bukan ?

Summary
fakta mengejutkan mengenai nyamuk
Article Name
fakta mengejutkan mengenai nyamuk
Description
Nyamuk, lagi lagi nyamuk, mahluk kecil yang hobbynya merdengung di sekitar telinga kita, kini semakin berbahaya saja. Akhir-akhir ini muncul virus baru
Author
Publisher Name
dunia sains
Publisher Logo
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *