Benarkah Hanya Orang Tua Mengalami Gangguan Jantung

Benarkah Hanya Orang Tua Mengalami Gangguan Jantung

Meskipun banyak gangguan jantung terjadi pada orang yang lanjut usia, gaya hidup kamu akan menentukan sedini apa kamu harus waspada akan gangguan jantung ini. Penyakit pada jantung terjadi karena adanya perubahan kondisi saluran darah dalam tubuh dari tahun ke tahun.

gaya hidup
gaya hidup

Apabila kamu merokok dan mengkonsumsi produk berlemak jenuh atau yang kandungan lemaknya tinggi, saluran darah akan menjadi cepat usang dan secara bertahap akan dipadati oleh kolesterol. Ini berarti saluran darah menyempit dan membawa darah semakin sedikit dari kondisi biasa. Sekitar jantung ada arteri khusus yang mensuplai darah dan oksigen ke jantung. Apabila jumlahnya berkurang karena menyempit, maka jantungmu akan bermasalah serius. Pada beberapa orang proses usang ini begitu cepat sehingga terjadi penyumbatan di usia 3o.

Kalau kamu mau sehat makanlah makanan yang berimbang, termasuk sayur dan buah buahan. Olahraga rutin. Makanan yang baik akan mengurangi pengaruh kolesterol jahat, yang menyusup dalam saluran darahmu dan mulai menyumbat saluran darah.

Bagaimana terjadi penyumbatan saluran darah ?

  1. Pertama-tama kolesterol jahat yang dibawa darah akan menetap di dinding saluran darahmu.
  2. Sel darah putih yang melewati saluran ini ada sebagian tertahan dan menumpuk pada kolesterol ini, dan berubah menjadi foam cell, sel yang berbentuk seperti spons.
  3. Foam cell ini selama bertahun tahun akan semakin banyak, menjadi simpanan lemak.
  4. Tumpukan lemak ini semakin lama semakin banyak dan mempersempit dan mengurangi darah yang lewat, lalu timbulah gumpalan darah karena sempitnya jalan yang tersedia.
  5. Ujungnya darah tidak dapat lagi melewati saluran darah ini.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *