Benarkah Atlit Memiliki Jantung Lebih Besar ?

Benarkah Atlit Memiliki Jantung Lebih Besar

Ketika atlit intensif mempersiapkan dirinya untuk suatu perlombaan, jantungnya juga ikut dilatih. Jantung adalah juga otot, seperti bisep pada lengan atas, akan berkembang apabila dipaksa bekerja lebih. Jangan heran atlit memiliki jantung lebih besar daripada orang umum. Otot tubuh apabila dilatih melebihi dari aktivitas rutin yang biasa, ekstra oksigen dibutuhkan, yang dibawa oleh darah yang dipompa dari jantung.

atlit memiliki jantung lebih besar
atlit memiliki jantung lebih besar

Jantung memiliki dua fungsi pompa, yang secara bersamaan memompa darah ke seluruh tubuh dan ke paru paru untuk menangkap oksigen. Jadi jantung memiliki dua ventrikel utama yang dikelilingi oleh dinding otot. myokardium. Ketika dinding otot ini berkontraksi, ventrikel mengecil, tekanan dalam ventrikel meninggi, dan darah terdoronglah ke seluruh tubuh. Ketika dinding otot meregang, maka  ventrikel mengembang, darah kemudian tersedot ke arah jantung. Kegiatan meremas dan meregang adalah kegiatan rutin jantung manusia.

Ketika atlit latihan, jantungnya harus berfungsi secara lebih efisien dan lebih cepat. Myokardium mengembang mengikuti kebutuhan sang atlit dan tidaklah heran apabila aktivitas secara rutin dilakukan oleh sang atlit dinding ototnya menjadi lebih besar dari manusia pada umumnya.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *