Asam Urat Penyakitnya Raja-Raja

Tahukah Anda Dulu Asam Urat Penyakitnya Raja-Raja

asam urat penyakit raja-raja
asam urat penyakit raja-raja

Artikel ini bukan sindiran tetapi memang itulah istilah buat penyakit asam urat ini. Penyakit ini sebenarnya sudah dikenal sejak 2640 SM sebagai podagra, yaitu penyakit yang mengakibatkan adanya pembengkakkan dan rasa nyeri yang luar biasa pada persendian kaki. Hippocrates pada abad 16 SM kemudian menyebutnya sebagai “Penyakit yang mengakibatkan tidak bisa berjalan” (“unwalkable disease”) atau dalam bahasa latinnya, Gutta, yang berarti jatuh. Pada jaman dahulu dipercaya penyakit ini terjadi karena adanya ketidak seimbangan unsur alam, humor, pada diri si penderita. Manusia dipercaya sehat apabila 4 unsur humor atau alam ditubuhnya : yakni air, udara, api dan bumi, seimbang.

Gutta atau Gout dipercaya ada hubungannya dengan konsumsi makanan mewah dan alkohol yang berlebihan. Karena pada waktu itu makanan dan minuman tersebut hanya mampu dibeli oleh mereka yang kaya, maka Gout disebut juga “Penyakit Raja-Raja” (“disease of kings”).

Apa Sebenarnya Penyakitnya Raja-Raja ini ?

Dalam dunia kesehatan kita mengenalnya sebagai penyakit yang disebabkan karena banyaknya asam urat (monosodium urate) dalam darah. Kondisi kelebihan asam urat yang disebut hyperuricemia ini biasanya keluar dari saluran darah dan sering terkumpul dalam persendian berbentuk seperti jarum kristal. Jadi hyperuricemialah yang mengakibatkan terjadinya gout, rasa nyeri yang luar biasa di persendian.

Apa Sebenarnya Asam Urat ?

Asam Urat berhubungan dengan kandungan protein yang kita konsumsi. Tubuh kita memproses protein menjadi zat yang berbentuk kristal yang dinamakan zat purin. Ketika diproduksi secara berlebihan maka hyperuricemia pun terjadi dan tubuh kita menjadi tidak mampu mengendalikannya.

Hyperuricemia terjadi pada siapa saja, tetapi paling sering terjadi pada pria/wanita yang berumur di atas 40 tahun khususnya mereka yang berkelebihan berat badan . Hati-hati pola makan yang salah dan konsumsi alkohol (bir dan anggur) yang berlebihan sering menjadi penyebabnya. Selain itu juga hyperuricemia juga terjadi pada mereka yang menderita kurang darah, tekanan darah tinggi, pengkonsumsi obat diuretik, gangguan ginjal, trauma dan bahkan faktor keturunan ikut juga berperanan.

Gout biasanya terjadi pada berbagai bagian tubuh, yang sering terlihat memang pada persendiaan ibu jari kaki. Gout juga dirasakan pada persendiaan tumit, lutut, persendiaan lengan dan juga otot. Jangan kaget kelebihan asam urat juga tersimpan di bagian telinga dan hidung, tapi karena tidak ada persendiaan disana kita tidak merasakan apa-apa. Beginilah asam urat kalau dilihat secara kasat mata. Apabila diambil bentuknya seperti keju cair.

Bagaimana Rasanya Diserang Gout ?

Gout menyerang secara tiba-tiba, rasa sakitnya luar biasa dan bisa bertahan selama berjam-jam. Persendiaan menjadi merah, panas dan membengkak. Nyeri luar biasa dirasakan meskipun bagian yang sakit tersebut tersentuh benda yang lunak seperti selimut. Rasa sakit ini mengakibatkan penderita mengalami demam, kedinginan dan kelelahan.

Serangan gout bisa berlangsung sampai berhari-hari, biasanya sampai tiga hari dan benar-benar hilang setelah seminggu. Gout yang kronis dapat mengakibatkan batu ginjal.

Bagaimana Mengatasi dan Menghindarinya ?

  • Minum air yang banyak
  • Minumlah obat yang dapat membantu mengeluarkan asam urat biasanya obat yang mengandung uricosuric sesuai dengan resep dokter
  • Hindari minuman beralkohol
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi secara berlebihan seperti daging, ayam, ikan, seafood, makanan berlemak, jerohan. Sayuran yang ditengarai juga menyebabkan gout adalah asparagus, kol, kacang-kacangan, jamur dan bayam.
  • Jangan memakai sepatu yang ketat
  • Saat ini Gout tidak lagi penyakit raja-raja atau orang kaya. Jadi berhati-hatilah.

sumber : diambil dari berbagai sumber

Summary
Asam Urat Penyakitnya Raja-Raja
Article Name
Asam Urat Penyakitnya Raja-Raja
Description
Artikel ini bukan sindiran tetapi memang itulah istilah buat penyakit asam urat ini. Penyakit ini sebenarnya sudah dikenal sejak 2640 SM sebagai podagra, yaitu penyakit yang mengakibatkan adanya pembengkakkan
Author
Publisher Name
dunia sains
Publisher Logo

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *