Apakah Kita Adalah Pasien Seperti Linda ?

Apakah Kita Adalah Pasien Seperti Linda ?

Semua pasti tahu bahwa kita bisa sakit karena beberapa hal di bawah ini :

  • Infeksi virus atau bakteri
  • Terganggunya fungsi organ pada tubuh
  • Kekurangan atau kelebihan hormon, enzym atau unsur kimia yang dibutuhkan tubuh
  • Masalah gen, penyakit yang menurun
  • Penyakit akibat hidup di lingkungan yang tidak sehat
  • Makanan dan Kebiasaan yang tidak sehat

Dokter biasanya terlebih dahulu melakukan pemeriksaan denyut nadi, detak jantung, shu tubuh dan bahkan bila perlu pasien harus menjalani pemeriksaan yang lebih jauh dengan menggunakan teknologi pendukung pemeriksaan seperti X Ray, CT Scan dll. Tetapi ada kalanya juga pasien tidak ditemukan adanya kelainan dalam pemeriksaan, semua normal-normal saja tapi kenapa sakit ? Kalau sudah begini ada perlunya kamu ikuti artikrl ini.

Pasien Seperti Linda

Pada tahun 2003, ada sebuah essay yang berjudul “Patients Like Linda” di Journal of American Medical Association, sebuah jurnal beken yang berisi penelitian di dunia medis di Amerika. Sudah banyak dokter ahli dan dua neurologist tidak menemukan apa-apa pada Linda. Hasil test laboratorium juga semua negatif. Tapi kenyataannya Linda menderita Myalgia, kelelahan, sakit persendian dan kesulitan tidur (isomnia). Para dokter itu sebenarnya ingin menganjurkan Linda mengunjungi dokter ahli jiwa tapi Linda selalu marah apabila disinggung masalah itu.

Para dokter sering mendapati pasien seperti Linda ini, yang berkeras ada seuatu yang tidak beres dengan tubuhnya tetapi kenyataannya hasil pemeriksaan menunjukkan normal-normal saja. Dunia kedokteran telah berkembang begitu pesatnya tapi kondisi seperti Linda ini selalu saja ditemui. Kita juga sering mendengar mengenai masalah ini. Tidak lucu juga kalau kita mendengar bahwa “Kamu sakit tapi Kami tidak bisa membuktikan kamu sakit” keluar dari mulut seorang dokter.

Anne Harrington dalam bukunya The Cure Within : A History of Mind Body Medicine, mengupas bahwa ada hal yang tidak hanya kelihatan secara fisik dan pengobatan yang tidak hanya sekedar pil dan tablet. Kondisi jiwa kamu penting : bagaimana kamu berpikir, bagaimana perasaan kamu, sikap dan perilaku kamu semua berperanan pada kondisi fisik kamu juga.

Nanti deh dalam kesempatan lain akan kita kupas lebih dalam lagi karena ini bermanfaat bagi kita.

Summary
pasien seperti linda
Article Name
pasien seperti linda
Description
Apakah Kita Adalah Pasien Seperti Linda ? Semua pasti tahu bahwa kita bisa sakit karena beberapa hal di bawah ini :
Author
Publisher Name
dunia sains
Publisher Logo
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *