Apakah Jerawat Dapat Disembuhkan ?

Apakah Jerawat Dapat Disembuhkan ?

Jerawat, meskipun tidak semua mendapatkannya, adalah masalah yang banyak mengganggu rasa percaya diri seseorang di masa remaja dan dewasa seseorang. Menurut penelitian usia 16 tahun sampai dengan 30 tahun rawan akan jerawat. Jadi, tidak heran jika iklan komersial dengan berbagai produk yang ditawarkan banyak yang menawarkan obat jitu untuk menghilangkan jerawat ini. Target market usia ini cukup menggiurkan mereka yang terjun ke dunia perawatan tubuh khususnya muka. Nah, Apakah benar jerawat dapat dihilangkan, mari kita baca selanjutnya di bawah ini.

Jerawat atau istilah kerennya Acne, ditandai dengan adanya lesi atau “lecet” pada muka, dada dan punggung yang disebabkan oleh berbagai gejala. Tapi serius atau parahnya jerawat pada seseorang berbeda. Umumnya peradangan pada jerawat disebabkan oleh berkembangnya bakteri Propionibacterium yang dapat membekas secara permanen.

Tubuh kita memiliki lebih dari 4 juta folikel, yakni lubang kecil yang sedianya tempat rambut tumbuh. Di dalam folikel ini ada kelenjar yang mengeluarkan minyak yang disebut dengan Sebum, yang berfungsi menjaga kelembaban kulit dan rambut. Jadi fungsi Sebum jelas membantu kulit kita tidak mudah menjadi cepat keriput. Oleh sebab itu masuk akal, begitu usia Anda menginjak dewasa, penuaan kulit tidak dapat dihindari dan kita jarang menemukan orang tua yang memiliki jerawat bukan.

Nah apa yang terjadi apabila folikel tertutup oleh kulit yang mati, Sebum menjadi terhalang untuk keluar dan menumpuk di dalam. Begitu bakteri hadir memakan sel kulit mati tadi dan tubuh bereaksi untuk mengatasi serangan bakteri, terjadilah peradangan disana. Peradangan ditandai dengan warna merah di sekitar area “pertempuran” bakteri dengan sel darah putih. Munculah istilah Whitehead Pimple, gundukan berwarna putih yang merupakan tumpukan sel kulit yang mati.

Pada usia remaja, produksi Sebum melimpah karena masa pubertas tingkat hormon testoterone lagi tinggi-tingginya. Akibatnya, kemungkinan terjadinya penyumbatan Sebum menjadi tinggi. Tapi ada satu hormon lain yakni hormon cortisol, yakni hormon yang terjadi saat orang mengalami stress (stress hormone) juga jadi pemicu melimpahnya produksi Sebum. Ini yang sering kita lihat mengapa orang dewasa juga kadangkala terlihat berjerawat.

Nah lalu bagaimana mengatasi gangguan jerawat ?

Berdasarkan berbagai referensi yang penulis dapatkan, jerawat sampai saat ini tidak dapat disembuhkan, sayang memang kita sering sekali diberi harapan oleh berbagai slogan-slogan dari suatu produk. Apa yang bisa dilakukan adalah menghindari terjadinya penutupan lubang folikel akibat sel kulit yang mati. Melakukan scrub, menggosok muka dengan sponge halus, menggunakan pelembab dan pembersih dapat membantu menghilangkan sel kulit mati tapi harus diperhatikan apakah sesuai dengan sensitifitas kulit kamu. Sensitifitas kulit setiap orang berbeda soalnya.

Ada yang mencoba dengan mengurangi produksi hormon yang tinggi, tapi tidak dianjurkan bagi kamu yang masih remaja atau dewasa. Jadi syukuri saja, karena gangguan jerawat ini akan juga hilang begitu kamu melewati masa remajamu. Kalau kamu belum terkena jerawat atau mulai ada gejala, rajin-rajin merawat muka kamu ya.

Berikut video yang bagus menjelaskan mengenai jerawat…

Summary
Apakah Jerawat Dapat Disembuhkan ?
Article Name
Apakah Jerawat Dapat Disembuhkan ?
Description
Jerawat, meskipun tidak semua mendapatkannya, adalah masalah yang banyak mengganggu rasa percaya diri seseorang di masa remaja dan dewasa
Author
Publisher Name
dunia sains
Publisher Logo
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *