Prime Video dari Amazon menantang Hulu dan Netflix

Prime Video dari Amazon menantang Hulu dan Netflix

Kekuatan Long Tail Strategy bagi Amazon, yakni “world’s biggest collection” nampaknya akan menunjukkan giginya di dunia video (streaming) portal yang dikuasai oleh pendahulunya : Hulu, Netflix, dan Blockbuster. Di Indonesia, kita juga mengenal pemain lain seperti Hooq dan iFlix. Wah bakal rame dalam beberapa tahun ke depan persaingan di dunia video portal ini. Customer ujung-ujungnya akan diuntungkan, betul nggak ?.

Amazon pasti berani bertarung dengan para incumbent karena kekuatan koleksi video dan serial tvnya. Seperti halnya buku, memang luar biasa library video yang dimiliki oleh Amazon. Prinsip Long Tail, koleksi yang panjang inilah yang memberikan margin yang bagus bagi Amazon ketimbang buku atau produk yang baru, meskipun penjualan secara kuantitas produk baru ini lebih banyak.

Menurut berbagai riset jumlah koleksi video Amazon mencapai lebih dua kali lebih besar dari Netflix. Bahkan 4 kali lipat lebih banyak khusus untuk koleksi video.

Koleksi Video Amazon 2x lebih besar dari Netflix

Koleksi Video Amazon lebih 2x lebih besar dari Netflix

Amazon sebenarnya pada tahun 2011 sudah mulai menawarkan kepada Prime customernya, yakni yang membayar fee tahunan sebesar 79 usd kala itu (untuk mendapatkan berbagai fasilitas prime dari Amazon), juga bisa mengakses bebas ke koleksi video dan serial tv di Amazon dan menontonnya secara streaming. Kini sejak 17 April lalu, Amazon menawarkan berlangganan secara terpisah khusus untuk menonton koleksi video dan serial tv ini dengan nama “Prime Video”. Biaya berlangganan hanya 8.99 usd per bulan. Kalau mau sekalian dengan fasilitas Prime lain di Amazon, ikut program berlangganan tahunan senilai 99 usd, atau bulanan senilai 10.99 usd per bulan.

Menarik untuk mengamati perkembangan dunia usaha yang bermain di dunia maya. Siapa yang menang, kita lihat saja perkembangan pertarungan dalam beberapa tahun ke depan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *